Thursday, June 14, 2007

KEPEMIMPINAN

Penulis : Ahmadi Usman, S.Sos.I, M.A.

Setiap orang mempunyai jiwa kepemimpinan yang berakar dalam dirinya. Jiwa-jiwa kepemimpinan tersebut terkadang tak terlihat bahkan mungkin seakan tak ada pada diri seseorang. Namun hal tersebut tidak berarti bahwa seseorang tersebut lepas dari tanggungjawab kepemimpinan.
Setiap individu paling tidak mempunyai beban sebagai pemimpin pada dirinya sendiri, dan hal tersebut tidak menutup kemungkinan akan mendapat amanah kepemimpinan yang lebih besar, seperti menjadi kepala rumah tangga, kepala RT/RW, Lurah, Camat atau bahkan menjadi seorang Presiden.
Ketidak mampuan seseorang memegang peran memimpin, kerap memberi pengaruh yang besar pada setiap langkah dan gerak geriknya. Oleh karena itu, diupayakan untuk menggali dan membentuk kepribadian tersebut, sehingga dapat menjadi pemimpin yang militan yang dapat menjadikan amanah yang diemban terlaksana dengan baik sesuai dengan ketentuan yang ada.
Salah satu hal yang harus dimiliki oleh seseorang adalah kemampuan untuk menganalisa secara konfrehensive segala permasalahan yang dihadapi dan memiliki teori kebijakan yang matang. Selain itu, harus memiliki mentalitas yang mumpuni.
Dalam blog ini ditawarkan beberapa kiat yang berangkat dari pengalaman empirik yang dibentuk secara teoritis praktis.
Maka ikuti "Manajemen Kepemimpinan" ini, insya Allah anda akan menjadi insan pemimpin yang amanah. Amien.

No comments: