Saturday, June 16, 2007

MEMBENTUK DISIPLIN DIRI

Manusia terbentuk oleh lingkungannnya, sedangkan lingkungan dibentuk terkait dengan berbagai aspek kehidupan seperti bahasa, budaya dan karakter, maka dalam pembentukan disiplin diri ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan berbagaimacam perbedaan dalam kehidupan manusia.
Dalam hal ini manusia sangat dituntut untuk mengenali dari setiap unsur yang ada disekelilingnya, karena tanpa mengenalinya akan mengakibatkan kesulitan dalam membentuk disiplin diri, bagaimana mungkin seseorang mampu merubah, membentuk maupun memperbaiki diri sedangkan kemampuannya untuk menangkap kondisi diri dan lingkungannya saja masih belum mampu.
Maka dari itu ada beberapa hal yang harus dipelajari secara seksama ketika seseorang menginginkan perubahan dalam dirinya, terutama perubahan dalam membangun dirinya lebih maju, kreatif, berani dan berdisiplin.
berikut ini kiat dalam membentuk kedisiplinan dalam diri kita :
1. Kenali siapa dan bagaimana diri kita.
2. Kenali lingkungan bersama karakter yang dimilikinya.
3. Ciptakan nuansa tujuan hidup kita.
4. Siapkan ruang kerja, pengawas dan waktu untuk evaluasi
5. Yakin bahwa kita akan sukses.

sebenarnya masih banyak hal lain kiat untuk mendisiplinkan diri kita, namun bila kita cermati secara mendalam bahwa modal yang paling besar dari seluruh kiat, ternyata motivasi dirilah yang memiliki kekuatan besar dalam pencapaian pendisiplinan dari setiap diri manusia, walau demikian tidak ada salahnya untuk sedikit kami mengulas kembali kiat-kiat tersebut, sehingga dengan memudahkan bagi kita untuk memetakan sejauh mana kekuatan itu mampu jalani.
Sebelum melangkah lebih jauh kami hanya berharap agar setiap dari kita belajar untuk menghargai segala sesuatu yang kita mulai dari kita, baik terhadap waktu, masyarakat, maupun kewajiban kita sebagai makhluq Ilahy dengan beribadah sebagai tanda syukur kita pada-Nya.

No comments: